Rabu, 17 Desember 2008

kunjungan ke MPOB Malaysia


Rombongan Fateta Unand berkunjuung ke Malaysian Palm Oil Board (MPOB) tanggal 3 Desember 2008, sekaligus membicarakan kerjasama untuk Praktek Industri Mahasiswa


foto malaysia

Tukar cendra mata antara Sekretrais Dekan Fakultas Teknologi Unand (Aisman) dengan Dekan Fakulti Sains dan teknologi Universiti Kebangsaan Malaysia (Prof.Dr. Aminah)

BAHAN RAKER 2008

BAB 4
RENCANA PROGRAM KERJA TAHUN 2009

1.1. Rencana Program dan Kegiatan
Disamping menjalankan program dan kegiatan rutin seperti proses beljar mengajar, adminsitrasi akademik dan kemahasiswaan pada tahun 2009 Fakultas Teknologi Pertanian akan melakukan beberapa Program pengembangan institusi, pengembangan mahasiswa dan pengembangan masyarakat yang dituangkan dalam Program dan kegiatan :
1. Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Fakultas
2. Pembukaan Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP)
3. Penyiapan ruangan kerja Dekan dan Sekretaris Dekan.
4. Menyiapkan ruangan kerja serta kelengkapan sarana prasarana administrasi fakultas.
5. Pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa dengan mendorong implikasi wirausaha di kalangan mahasiswa.
6. Melengkapi fasilitas laboratorium
7. Menjadikan Jurnal Teknologi Pertanian yang sudah ada semenjak tahun 2001 terakreditasi.
8. Membentuk Desa/Nagari Mitra
9. Menindaklanjuti kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri antara lain dengan :
a. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang sudah kita rintis melalui kerjasama seminar, rencana pelatihan coklat di Malaysia, mengirim alumni untuk menjadi assisten riset sekaligus menjadi mahasiswa pasacasarjana di UKM, serta akan dibicarakan beberapa rencana kerjasama pada tanggal 1 – 4 Desember 2008.
b. Universiti Sains Malaysia (USM), rencana kerjasama ini sudah mulai dibicarakan dengan Deputi Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian USM pada bulan Oktober 2008 yang lalu. Kerjasama yang hendak dibangun adalah dalam bingkai IMT-GT yang di dalamnya terdapat kerjasama dalam bidang pendidikan. Berkaitan dengan rencana kerjasama ini akan ada kegiatan bersama antara Perguruan Tinggi di Indoneisa (Unand, USU dan Unsyiah), USM di Malaysia dan salah satu perguruan tinggi di Thailand. Pembicaraan awal yang sudah dibicarakan adalah akan menunjuk Universitas Andalas sebagai tim leader dalam bidang Teknologi Pertanian dalam kerangka kerjsama ini (IMT-GT). Berkaitan dengan rencana kerjasama ini akan dilakukan kunjungan oleh sebanyak 15 orang dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unand ke UKM dan USM.
10. Melanjutkan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, semenjak beridirinya Fakultas Teknologi Pertanian Unand pada bulan Juni 2008 yang lalu, kerjasama yang sudah dilakukan dengan Pemerintah Daerah antara lain :
a. Dengan Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan dengan kegiatan Evaluasi Kinerja serta penysunan Rencana Penggilingan Padi Skala Kecil (Rice Milling Unit) di daerah ini pada bulan Juli 2008.
b. Dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan PKM Kabupaten padang Pariaman, dengan kegiatan melatih petani daerah ini melakukan penanganan pascapanen buah kakao (fermentasi dan sebagainya) serta teknologi pengolahan coklat skala industri rumah tangga dan industri kecil. Kegiatan tahap pertama sudah dilakukan pada bulan Agustus 2008 dan akan dilanjutkan pelatihan tahap 2 pada tanggal 18 - 22 Desember 2008.
c. Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Deptan, Asosiasi Kakao Indonesia dan Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Barat dalam rangka Seminar Nasional Teknologi Pertanian pada bulan Agustus 2008.
d. Kerjasama dengan Balai Riset Geomatika Bakosurtanal dalam rangka Seminar Nasional GeoCampus pada tanggal 20 Oktober 2008.
11. Kerjasama dengan dunia usaha. Selama ini kerjasama yang dilakukan dengan dunia usaha baru sebatas penempatan mahasiswa Praktek Kerja Lapang, kerjasama seminar seperti yang sudah dilakukan beberapa kali dengan Asosiasi kakao Indonesia. Untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan magang dosen, rencana riset bersama dan memberi pelatihan bagi mahasiswa.
12. Mendirikan Laboratorium Khusus Coklat
13. Menggerakan Teknoentrepreneur

1.2. Sasaran dan Target Kinerja
1. Jumlah peminat
Jumlah yang masuk Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian cendrung meningkat tiap tahun sebagai perbandingan tahun 2007 total yang masuk sebanyak 167 orang pada tahun 2008 meningkat menjadi 229 orang. Namun kami masih belum puas dengan peningkatan kualitas yang masuk. Untuk itu upaya yang akan dilakukan pada tahun 2009 adalah meningkatkan promosi, sehingga makin banyak peminat dan mempertahankan jumlah yang akan diterima, dengan demikian dapat meningkatkan passing grade yang diterima.
Disamping peminat untuk program reguler kami juga akan berupaya meningkatkan peminat Program reguler mandiri. Tahun 2008 yang masuk pada Program reguler mandiri ini adalah sebanyak 76 orang, pada tahun 2009 kami targetkan sebanyak 100 orang dengan kualitas yang lebih baik.
2. Lama Masa Studi Siswa
Sampai dengan akhir tahun 2007 rata-rata lama studi mahasiswa Teknologi Pertanian adalah 4 tahun 8 bulan dan pada akhir tahun 2009 kami targetkan menjadi 4 tahun 7 bulan.
3. Indek Prestasi Mahasiswa
Rata-rata IP mahasiswa Teknologi Pertanian pada Wisuda Periode II Agustus 2008 adalah 3,07. Pada akhir tahun 2009 rata-rata IP akan kami usahakan meningkat menjadi 3,06.
4. Prosentase Mahasiswa Dari Luar Sumatera Barat
Saat ini presentase mahasiswa Facultas Teknologi Pertanian yang berasal dari luar wilayah Sumatera barat hádala sebanyak 24 %, pada tahun 2009 melalui promosi akan kami usahakan naik menjadi 25 %.
5. Kualifikasi Dosen
Saat ini kualifikasi dosen pada Facultas Teknologi Pertanian hádala S1 sebanyak 16,7 %, S2 sebanyak 47,6 % dan S3 sebanyak 35,7 %. Pada tahun 2009 kami targetkan S1 sebanyak 14,6 %, S2 sebanyak 46,4 % dan S3 sebanyak 39 %.


1.3. Rencana Anggaran
Sebagaimana yang telah disepakati dengan manajemen Fakultas Pertanian, bahwa pengelolaan baik adminsitrasi maupun keuangan Fakultas Teknologi Pertanian mulai tahun 2009 akan diselenggarakan sepenuhnya oleh Manajemen Fakultas Teknologi Pertanian. Berkaitan dengan ini, maka penerimaan dan biaya Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun 2009 sudah dihitung tersendiri.
Mulai Seemester Ganjil tahun 2008 yang sejalan dengan awal berjalannya manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian disamping menerima mahasiswa Program reguler juga menerima mahasiswa dari Program Reguler Mandiri. Untuk itu sumber pendapatan Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari :
14. Penerimaan Dari mahasiswa Reguler
15. Penerimaan dari Mahasiswa Reguler mandiri dan
16. Vakasi yang merupakan alokasi dari Rektorat Universities Andalas.
Berkaitan dengan penerimaan dan biaya ini juga telah disepakati dengan Fakultas Pertanian bahwa alokasi dana untuk biaya Cleaning Service akan sepenuhnya dikelola oleh Fakultas Pertaanian. Dengan asumsi yang digunakan di atas, maka estimasi total penerimaan Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun anggaran 2009 adalah sebesar Rp. 2.280.658.947,- (dua miliar dua ratus delapan puluh juta enam ratus lima puluh delapan ribu sembilan ratus empat puluh tujuah rupiah).
Berkaitan dengan program-program yang akan dilaksanakan Fakultas Teknologi Pertanian sepanjang tahun 2009, maka Fakultas Teknologi Pertanian akan membutuhkan pembiayaan lebih kurang sebesar Rp. 2.280.448.880,- (dua miliar dua ratus delapan puluh juta empat ratus empat puluh delapan ribu delapan ratus delapan puluh rupiah). Lebih rinci ekspektasi pendapatan dan pembiayaan dapat dilihat pada Lampiran 4.1.1, Lampiran 4.1.2 dan Lampiran 4.2

BAHAN RAKER 2008

BAB 3
KEBIJAKAN UNGGULAN FAKULTAS TAHUN 2008

1.1. Pelaksanaan Program Unggulan Fakultas Tahun 2008
Fakultas Teknologi Pertanian belum merumuskan Program Unggulan untuk tahun 2008, karena manajemen fakultas masih fokus menjalankan amanat rektor pada pembentukan fakultas yaitu; Penyusunan Renstra, Pengalihan SDM dan asset, Pembentukan Organisasi Fakultas, Pembentukan Senat Fakultas dan Penyiapan Sarana dan Prasarana Fakultas. Pada dasarnya kesemua amanat tersebut telah dijalankan meski masih ada yang dalam proses penyelsaian.

1.2. Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar
Guna peningkatan mutu proses belajar mengajar, langkah awal pada tahun 2008 yang tengah kami lakukan adalah membentuk dan menfasilitasi tim Evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum. Tim ini kita harapkan telah dapat merumuskan kurikulum yang lebih baik untuk kedua Program Studi yang ada di Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Program Studi Teknik Pertanian. Kami berharap kurikulum ini sudah dapat dijalankan pada tahun 2009.
Disamping tim Evaluasi dan Konstruksi Kurikulum kami juga telah membentuk dan menfasilitas tim BAPEM Fakultas dan Gugus Kenali Mutu pada kedua Program Studi, dimana pada tahun 2008 ini tim ini sudah memulai aktifitas dalam bentuk penyiapan modul dan spesifikasi Program Studi. Kami berharap tahun 2009 tim ini sudah dapat menjalankan fungsi Penjaminan Mutu dengan lebih baik.
Guna mendorong lebih efektifnya fungsi laboratorium dalam peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar, pada tahun 2008 ini kami juga telah menambah jenis laboratorium sesuai dengan perkembangan bidang keilmuan dan sumberdaya yang tersedia.

1.3. Pelaksanaan Kelas/Kuliah Berbahasa Inggeris
Sampai saat ini kuliah berbahasa Inggeris masih dalam wacana kami, namun masih belum terlaksana dengan alasan :
a.Belum ada kesepakatan pada masing-masing Program Studi mata kuliah apa yang akan diajarkan dengan menggunakan Bahasa Inggeris sebagai bahasa pengantarnya.
b. Belum munculnya keyakinan penuh, apakah jika dosen dianggap mampu menyampaikan kuliah dalam Bahasa Inggeris, apakah mahasiswa juga akan mampu menangkap substansi kuliah dengan baik.
Namun kami menyadari bahwa Program ini baik untuk dilaksanakan, untuk itu pada tahun 2009 kami akan mengusahakan sudah ada mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa inggeris.

1.4. Publikasi Ilmiah Nasional dan Internasional
Sampai saat ini belum banyak dosen yang punya keinginan untuk mempublikasikan karyanya pada Publikasi Ilmiah baik pada tingkat Nasional maupun Internasional. Bisa jadi kondisi ini disebabkan belum adanya ransangan yang cukup kuat untuk mau mempublikasikan karya tersebut. Namun kami selalu berupaya agar timbul keinginan untuk berpublikasi tersebut. Untuk itu guna merangsang keinginan tersebut kami tela mempunyai Jurnal Ilmiah dengan nama Jurnal Teknologi Pertanian Andalas.

BAHAN RAKER 2008

2.3. Sasaran dan Capaian Kinerja
Semenjak pelantikan Pejabat Dekan dan Sekretaris Dekan pada tanggal 4 Juni 2008, maka Teknologi Pertanian berada dalam dua manajemen yaitu di bawah Manajemen Fakultas Pertanian dengan menjalankan fungsi Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian sambil juga menjalankan Manajemen Fakultas Teknologi Pertanian.
Dalam fungsinya menjalankan Manajemen Jurusan di bawah Fakultas Pertanian, maka Jurusan Teknologi Pertanian telah menjalankan kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar dan adminsitrasi jurusan yang sistem administrasinya terintegrasi dengan Fakultas Pertanian. Namun dalam fungsinya menjalankan Manajemen Fakultas Teknologi Pertanian, maka sistem manajemennya masih teriegrasi langsung dengan Rektorat, karena anggarannyapun hanya menjalankan alokasi budget rektorat yang diperuntukan untuk Fakultas Teknologi Pertanian.
Sasaran yang hendak dicapai dalam kurun waktu 2008 oleh Manajemen Teknologi Pertanian adalah :
1. Berjalannya fungsi Dekan dan Pembantu Dekan (Sekretaris) baik dalam menjalankan administrasi kepegawaian dan keuangan, umum, serta akademik dan kemahasiswaan. Berkaitan dengan fungsi ini, maka Manajemen Fakultas telah melakukan :
a. Membentuk badan-badan kerja sebagaimana yang diamanatkan Rektor sebagaimana yang sudah dijelaskan pada Bab 2 pasal 2.2. Dan badan kerja ini juga telah menjalankan tugasnya meskipun masih ada yang dalam proses penyelesaian antara lain; pengalihan asset dan SDM sudah mencapai 70 %, penyiapan Renstra sudah mencapai 70%, pembentukan organisasi kerja sudah mencapai 100 %, Evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum baru jalan 10 %, Sarana dan prasarana fakultas 10 %.
b. Berkaitan dengan pengalihan asset dan SDM dengan ini dapat kami jelaskan :
i. Telah mengusulkan kepada Rektor untuk menerbitkan Surat keputusan Penetapan Dosen dan Staf Kependidikan Fakultas Teknologi Pertanian yang sampain saat ini masih dalam status kepegawaian di Fakultas Pertanian.
ii. Secara bersama dengan Fakultas Pertanian telah mengusulkan split anggaran 2009 antara fakultas Pertanian dengan Fakultas Teknologi Pertanian
iii. Telah menyepakati pemindahan pengelolaan semua mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian dari fakultas Pertanian ke Fakultas Teknologi Pertanian mulai tahun 2009.
iv. Telah menyepakati pemindahan pengelolaan inventaris dan ruangan yang selama ini digunakan oleh Jurusan Teknologi Pertanian menjadi inventaris dan ruangan Fakultas Teknologi Pertanian
v. Khusus untuk point iii dan iv akan dituangkan dalam berita acara pemindahan yang akan ditandangani oleh kedua dekan dan diketahui oleh Rektor.
c. Fakultas Teknologi pertanian telah menangani sendiri mahasiswa baru yang diterima pada tahun 2008.
d. Fakultas Teknologi Pertanian juga sudah melakukan wisuda sendiri untuk mahasiswa yang diwisuda pada Periode Wisuda II Agustus 2008.
e. Fakultas Teknologi Pertanian juga telah menangani adminsitrasi untuk mahasiswa yang diusulkan mendapatkan beasiswa.
f. Saat ini tengah mempersiapkan terbentuknya BEM Fateta
2. Guna menjalankan fungsi manajemen Fakultas Teknologi Pertanian sebagaimana dijelaskan di atas pihak Rektorat telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 150.000.000,- yang digunakan untuk operasional dan belanja modal yang dibutuhkan dalam masa transisi. Sampai dengan Oktober 2008 belanja yang telah direalisasikan adalah sebesar 76,35% dari total budget yang disediakan. Realiasi anggaran atau Capain Kinerja 2008 adalah sebagai mana terlihat pada Lampiran 2.1.
2.4. Realiasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
Meski sudah resmi menjadi fakultas dimulai dengan Surat Persetujuan Dikti, Surat Keputusan Rektor termasuk pengangkatan Pejabat Dekan dan Sekretaris pada bulan Juni 2008, namun anggaran terutama yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) masih melekat pada Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan realisasi anggaran masih merupakan alokasi Jurusan Teknologi Pertanian yang sepenuhnya secara adminsitrasi dikelola pada Fakultas Pertanian. Dengan demikian belum ada PNBP Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun 2008.

2.5. Tindak Lanjut Temuan Auditor (Inspektorat)
Dari hasil suvervisi yang dilakukan oleh Inspektorat Pendidikan Tinggi pada bulan Oktober 2008 yang lalu, khusus untuk Fakultas Teknologi Pertanian pihak Inspektorat hanya memberikan komentar dan saran berkaitan dengan Proses Belajar Mengajar sebagai berikut :
1. Fakultas Teknologi Pertanian memberikan indikasi positif dalam hal penyiapan SAP dan GBPP untuk setiap mata kuliah yang diasuh pada Fakultas Teknologi Pertanian. Hal ini dikarenakan kami telah mewajibkan dosen menyusun SAP dan GBPP dan kemudian didokumentasikan di Fakultas.
2. Masih terdapat beberapa mata kuliah yang diasuh yang pada penyampaian materi kuliah sistematikanya kurang sesuai dengan SAP dan GBPP yang telah disusun.
3. Berkaitan dengan rekomendasi dan komentar Inspektorat tersebut kami telah menyampaikannya dalam rapat Dewan Dosen untuk dapat menjadi perhatian. Disamping itu saat ini kami juga tengah melakukan evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum serta sekaligus menyusun RPKPS sebagai pengembangan SAP dan GBPP yang selama ini kita kenal.


2.6 Permasalahan Yang Ditemui
i. Khusus untuk mahasiswa yang diterima pada tahun 2008, sistem administrasi akademiknya telah ditangani langsung di Fakultas Teknologi Pertanian termasuk registrasi penerimaan, pengaturan perkuliahan, pelaksanaan ujian, dan program-program kemahasiswaan, sementara mahasiswa angkatan 2007 dan sebelumnya masih ditangani oleh Fakultas Pertanian yang akan dipindahkan pengelolaan keseluruhannya pada tahun 2009. Berkaitan dengan pengelolaan administrasi akademik ini kami belum memiliki tenaga kependidikan yang cukup
ii. Pelaksanaan wisuda untuk periode Agustus 2008, juga ditangani sendiri di Fakultas Teknologi Pertanian, sekali lagi kami masih merasa kekurangan tenaga admisnitrasi akademik yang mampu menangani ini dengan baik. Untuk itu paling kurang kami memburuhkan tambahan 2 orang tenaga untuk urusan akademik dan kemahasiswaan
iii. Mulai Januari 2009 pengelolaan keuangan Fakultas Teknologi Pertanian telah dilakukan sendiri di Fakultas Teknologi Pertanian, baik pengelolaan keuangan rutin, PNBP termasuk Reguler Mandiri serta pembayaran gaji dosen dan pegawai, namun sampai saat ini kami baru memiliki 1 orang juru bayar yang sampai saat ini masih merangkap tugas sebagai KAUR Fakultas yang membawahi keseluruhan tenaga kependidikan di fakultas. Untuk itu sebelum Januari 2009, kami membutuhkan tambahan tenaga kependidikan untuk pengurusan pengelolaan keuangan ini paling tidak sebanyak 4 (empat) orang.
iv. Dengan telah terpisahnya administrasi dengan Fakultas Pertanian, maka keamanan asset dan kantorpun akan menjadi tanggungjawab Fakultas teknologi Pertanian, untuk itu pada tahun 2009 kami akan membutuhkan sebanyak 4 orang tenaga jaga kantor.

BAHAN RAKER 2008

BAB II
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TAHUN 2008


2.1. Kondisi Eksisting Fakultas
Fakultas Teknologi Pertanian merupakan pengembangan dari Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang dibentuk berdasarkan :
a. Surat Persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS No. 1193/DT/2008 tanggal 25 April 2008.
b. Surat Keputusan Pengembangan Jurusan Teknologi Pertanian menjadi Fakultas Teknologi Pertanian Oleh Rektor Universitas Andalas melalui Surat Keputusan No. 943/III/A/UNAND/2008 tanggal 15 Mei 2008.
c. Pengangkatan Pejabat Dekan dan Sekretaris Dekan Oleh Rektor Universitas Andalas melalui Surat Keputusan No. .985/III/A/UNAND-2008 tanggal 2 Juni 2008

2.2. Pelaksanaan Program dan Kegiatan
Karena pembentukan fakultas ini terjadi pada pertengahan tahun, maka dengan demikian belum ada Rencana Kerja dan Anggaran Fakultas yang defenitif untuk Fakultas Teknologi Pertanian untuk tahun 2008. Namun demikian sebagaimana yang diamantkan Rektor Universitas Andalas sebagaimana yang tertuang di dalam Surat Keputusan No. .985/III/A/UNAND-2008 tanggal 2 Juni 2008, maka manajemen Fakultas Teknologi Pertanian diberi kepercayaan untuk melaksanakan Program Kerja antara lain :
a. Pembentukan Senat Fakultas
b. Menyusun Rencana Strategis Fakultas 5 tahun ke depan
c. Pembentukan Organisasi Fakultas
d. Penyusunan rencana dan pelaksanaan peralihan sumberdaya manusia serta asset fakultas
e. Penyiapan sarana operasional Fakultas.
Untuk pelaksanaan amanat sebagaimana yang dijelaskan di atas, pihak rektorat memberi pagu dana sebesar Rp. 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah) yang pengelolaan dananya langsung di lakukan oleh bagian keuangan rektorat.
Dari lima amanat yang tertuang dalam Surat keputusan Rektor di atas, maka dapat kami laporkan realisasi amanat tersebut sebagai berikut :
1. Senat Fakultas Teknologi Pertanian telah terbentuk melalui tahapan pemilihan senat fakultas yang merupakan utusan Program Studi pada masing-masing Program Studi dan seterusnya penyusunan anggota senat mengacu pada statuta Universitias Andalas. Senat Fakultas Teknologi Pertanian dibentuk dan disusun berdasarkan :
a. Surat Ketua Program Studi Teknik Pertanian No. 062/PSTEP/VI/2008 tanggal 26 Juni 2008, tentang pengusulan nama anggota senat Fakultas yang merupakan utusan Program Studi Teknik Pertanian.
b. Surat Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian 02/H16.10/THP/2008 tanggal 27 Juni 2008, tentang pengusulan nama anggota senat Fakultas yang merupakan utusan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
c. Surat Keputusan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas No. 2814/H16.1/KP/2008 tanggal 1 Juli 2008 tentang Penunjukan/Pengangkatan Senat Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan Mencabut SK No. 2223/H16.1/KP/2008 tanggal 26 Mei 2008.
Berdasarkan surat-surat dan tahapan di atas, maka Dekan Fakultas Teknologi Pertanian menetapkan susunan anggota senat fakultas sebagai berikut :




No
Nama
Jabatan
Keterangan
1.
Prof.Dr.Ir.H. Isril Berd, SU
Pejabat Dekan/Ketua
Sampai akhir masa jabatan ybs
2.
Dr.Ir. Rusnam, MS
Sekretaris Senat/ Wk. PS- TEP
Sampai terpilih Dekan dan Pembantu Dekan Definitif
3.
Ir. Aisman, MSi
Pejabat Sekretaris Dekan
Sampai akhir masa jabatan ybs
4.
Prof.Dr.Ir. Anwar Kasim
Guru Besar/Ketua PS/anggota
Sampai Pensiun/Berhenti/Pindah
5.
Prof.Dr.Ir. Fauzan Azima, MS
Guru Besar/Anggota
Sda
6.
Prof.Ir. Zuraida Zuki
Guru Besar/Anggota
Sda
7.
Dr.Ir. Santosa, MP
Ketua PS-TEP
Sampai akhir masa jabatan ybs
8.
Dr.Ir. Erigas Ekaputra, MS
Wk. PS -TEP
Sampai terpilih Dekan dan Pembantu Dekan Definitif
9.
Dr.Ir. Kesuma Sayuti, MS
Wk. PS-THP
Sampai terpilih Dekan dan Pembantu Dekan Definitif
10.
Ir. Nurhaida Hamzah
Wk. PS-THP
Sampai terpilih Dekan dan Pembantu Dekan Definitif

2. Fakultas Teknologi Pertanian juga telah menyusun Renstra Fakultas untuk 5 tahun ke depan yang saat ini tengah menunggu proses pengesahan dari Senat Fakultas. Untuk penyusunan Renstra ini kami juga telah membentuk Tim penyusun yang distetapkan dengan sebuah Surat Keputusan Dekan. Adapun tim penyusun Renstra tersebut adalah sebagai berikut :
Penanggung Jawab
Ketua
:
Prof. Dr. Ir. H. Isril Berd, SU

Wakil Ketua
:
Ir. Aisman, MSi

Pelaksana
Ketua
:
Dr. Ir. Rusnam, MS

Sekretaris
:
Ir. Rini B, MS

Anggota
:
1.
Ir. Gunarif Thaib, MSi



2.
Azrifirwan, STP, M.Eng



3.
Mislaini, STP, MP

Pendukung

1.
Darwin, SH



2.
Drs. Imrizal



3.
Rina Kurnia, AMd


3. Tahapan yang telah diselesaikan dalam pengalihan asset dan SDM adalah, telah tersusunnya daftar inventaris Fakultas Teknologi Pertanian, telah dipetakannya ruangan yang akan digunakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian. Daftar inventaris serta daftar dan peta ruangan ini yang akan digunakan untuk diserahterimakan dari Fakultas Pertanian kepada Fakultas Teknologi Pertanian. Prinsip-prinsip penyerahan telah mulai dibicarakan pada tingkat pimpin kedua fakultas dan proses serah terimanya akan dilakukan sebelum tahun 2008 berakhir. Sedangkan pengalihan SDM telah diajukan ke Rektor untuk mendapatkan Surat keputusan dari Bapak Rektor. Untuk pekerjaan ini Dekan juga telah membentuk tim sebagai berikut :

Penanggung Jawab

-
Ketua
:
Prof. Dr. Ir. H. Isril Berd, SU

-
Wakil Ketua
:
Ir. Aisman, MSi

Pelaksana


Pelaksana
-
Ketua
:
Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim

-
Sekretaris
:
Dr. Ir. Santosa, MP

-
Anggota
:
1.
Dr. Ir. Kesuma Sayuti, MS




2.
Ir. Nurhaida Hamzah




3.
Azrifirwan, STP, M.Eng




4.
Dr. Ir. Eri Gas Eka Putra, MS




5.
Dr. Ir. Rusnam, MS

-
Pendukung

1.
Darwin, SH




2.
Drs. Imrizal




3.
Yulwendi




4.
Rafnis, S.Kom


4. Berkaitan dengan Sarana Operasional Fakultas saat ini kami menggunakan sarana yang semula merupakan sarana jurusan tanpa ada rehabilitasi. Semula Ruangan Pejabat Dekan dan Sekretaris Dekan akan dibangun pada tahun 2008 agar tersedianya ruangan yang refresentatif bagi sebuah fakultas. Untuk itu kami telah mengajukan rencana teknis sekaligus rencana anggaran biaya ke pihak Rektorat untuk dapat dilaksanakan pada tahun 2008, namun sampai saat ini rencana tersebut belum dapat direalisasikan. Untuk itu akan kembali kami ajukan untuk dapat dilaksanakan pada tahun 2009.
5. Guna menjalankan operasional fakultas kami juga telah menyusun organisasi fakultas sesuai dengan kebutuhan dan dengan mengacu pada apa yang diamanahkan di dalam Surat keputusan Rektor. Struktur organisasi fakultas yang telah kami susun dan telah mendapat persetujuan senat fakultas adalah sebagai mana tertunag dalam Gambar 1.
BAHAN YANG DISAMPAIKAN PADA RAPAT KERJA UNIVERSITAS ANDALAS NOVEMBER 2008 (AISMAN)


BAB I
RENCANA STRATEGIS FAKULTAS


1.1. Visi
Dengan mengacu pada Visi Universitas Andalas, maka Fakultas Teknologi Pertanian menetapkan Visi Fakultas adalah :
Menjadi Fakultas Teknologi Pertanian Terkemuka Dalam Pembangunan Teknologi Dan Industri Pertanian di Wilayah Bagian Barat Indonesia Dan Menjadi Fakultas Yang Bermartabat.

1.2. Misi
Guna mencapai dan mewujudkan visi sebagaimana yang disebutkan di atas, maka misi yang hendak diemban Fakultas Teknologi Pertanian adalah :
a. Secara berkesinambungan membangun institusi yang menghasilkan lulusan berkualitas berbasis kompetensi.
b. Melaksanakan pendidikan sesuai dengan kebutuhan pembangunan teknologi dan industri pertanian dari berbagai aspek.
c. Melaksanakan penelitian dan penerapan teknologi yang mendukung kemajuan industri pertanian.
d. Mengawal aplikasi teknologi pertanian untuk terwuujudnya masyarakat yang sejahtera.

1.3. Tujuan dan Sasaran
Adapun tujuan strategis Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas untuk periode 2008-2012 adalah sebagai berikut:
a. Peningkatan Pemeratan, Perluasan dan Peningkatan kualitas serta relevansi pendidikan dengan perkembangan teknologi pertanian.
b. Peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
c. Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka menunjang peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
d. Mewujudkan organisasi dan sistem pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan menjunjung prinsip transparan dan akuntabel.
e. Mewujudkan kampus yang memiliki suasana yang kondusif untuk kegiatan akademik serta bermanfaat bagi masyarakat (a community-friendly campus and a campus-friendly community).

Sasaran
Dengan memperhatikan tujuan strategis dan kondisi eksisting Fakultas Teknologi Pertanian tahun 2008, maka untuk setiap tujuan ditetapkan sasaran yang akan dicapai dalam 5 tahun ke depan, antara lain :
Tujuan 1. Pemeratan, perluasan dan peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dengan perkembangan teknologi pertanian, dengan sasaran sebagai berikut :
1. Menambah 1 Program Studi baru yaitu Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) selambat-lambatnya pada tahun 2010.
2. Meningkatnya daya tampung fakultas dari 234 orang mahasiswa baru pada tahun 2008 menjadi 525 orang mahasiswa baru pada tahun 2013.
3. Meningkatnya variasi daerah asal mahasiswa sehingga yang berasal dari luar Propinsi Sumatera Barat mencapai 40 % dari total mahasiswa.
4. Meningkatnya kualitas input calon mahasiswa yang diterima dengan indikator antara lain peningkatan ranking hasil ujian masuk pada SNMPTN (passing grade).
5. Meningkatnya jumlah dosen yang berkualifikasi jenjang pendidikan S2 dan S3 mencapai 100% dari jumlah dosen yang dimiliki.
6. Semua program studi mendapatkan akreditasi A.
7. Sudah dilaksanakan Sistem Jaminan Mutu (Quality Assurance) pada tingkat fakultas, dan program studi.
8. Efektifitas penyelesaian studi meningkat dari rata-rata 4,8 tahun pada tahun 2007 menjadi 4,4 tahun pada tahun 2013.
9. Lebih kurang 40 % dari lulusan membutuhkan waktu kurang dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama kalinya.
10. Sumber dana pendidikan yang berbasis block grant dan kontrak kerja meningkat mencapai 5% dari seluruh anggaran Fakultas.



Tujuan 2. Peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi peningkatan nilai guna dan hasil guna sumberdaya wilayah masing-masing minimal 10 judul per program studi per tahun dengan dana yang berbasis kompetisi eksternal dan/atau kerjasama dengan pihak lain.
2. Hasil penelitian yang dipublikasikan secara nasional dan atau internasional minimal 2 topik setiap tahun per program studi.
3. Pada tahun 2013 minimal 2 hasil penelitian sudah memperoleh HAKI.
4. Dapat diimplementasikan hasil penelitian pada tataran praktis minimal 1 topik setiap tahun.

Tujuan 3. Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka menunjang peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terbentuknya Ikatan Alumni Fateta Unand dan berperan aktif sebagai pendukung hubungan yang efektif antara almamater dengan alumni serta pihak luar.
2. Terealisasinya kerjasama antara Fateta Unand dengan institusi lain dan dunia usaha yang mendukung Proses Belajar Mengajar di Fateta Unand.
3. Terealisasinya kerjasama yang mampu menjadi sumber finansial yang mencapai 5 % dari total anggaran Fateta Unand.
4. Terselenggaranya program pertukaran mahasiswa dan dosen dengan universitas lain di dalam dan luar negeri.

Tujuan 4. Mewujudkan organisasi dan sistem pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan menjunjung prinsip transparan dan akuntabel dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terbentuk Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang mampu mengantisipasi perubahan lingkungan strategis.
2. Sudah diimplementasikan sistem berbasis IT (SMART campus) secara baik untuk Administrasi Akademik, Asset, Keuangan, dan Kepegawaian sehingga efektif dan efisien.
3. Sudah dimiliki dan diikuti Standing Operational Procedure (SOP) untuk setiap tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) pada setiap jenjang hirarki administratif.
4. Tata Organisasi dan Tata Kelola sudah terancang untuk mendukung perubahan status Universitas Andalas menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PT BHP).
5. Sudah diterapkan evaluasi berbasis kinerja terhadap dosen dan pegawai yang dijadikan dasar untuk rekrutmen dan promosi jabatan serta pemberian penghargaan dan hukuman (rewards and punishment).

Tujuan 5. Kampus yang memiliki suasana kondusif untuk kegiatan akademik serta bermanfaat bagi masyarakat (a community-friendly campus and a campus friendly community) dengan sasaran sebagai berikut:
1. Memiliki ruang kuliah, ruang laboratorium, sarana perkuliahan dan peralatan laboratorium yang mendekati kondisi ideal yang ditetapkan DIKTI untuk perguruan tinggi.
2. Ketersediaan kebutuhan air dan listrik sudah tidak mengganggu PBM.
3. Tercipta kondisi kampus yang aman, nyaman dan asri yang didasarkan kepada prinsip a community-friendly campus and a campus-friendly community”.