Rabu, 17 Desember 2008

BAHAN YANG DISAMPAIKAN PADA RAPAT KERJA UNIVERSITAS ANDALAS NOVEMBER 2008 (AISMAN)


BAB I
RENCANA STRATEGIS FAKULTAS


1.1. Visi
Dengan mengacu pada Visi Universitas Andalas, maka Fakultas Teknologi Pertanian menetapkan Visi Fakultas adalah :
Menjadi Fakultas Teknologi Pertanian Terkemuka Dalam Pembangunan Teknologi Dan Industri Pertanian di Wilayah Bagian Barat Indonesia Dan Menjadi Fakultas Yang Bermartabat.

1.2. Misi
Guna mencapai dan mewujudkan visi sebagaimana yang disebutkan di atas, maka misi yang hendak diemban Fakultas Teknologi Pertanian adalah :
a. Secara berkesinambungan membangun institusi yang menghasilkan lulusan berkualitas berbasis kompetensi.
b. Melaksanakan pendidikan sesuai dengan kebutuhan pembangunan teknologi dan industri pertanian dari berbagai aspek.
c. Melaksanakan penelitian dan penerapan teknologi yang mendukung kemajuan industri pertanian.
d. Mengawal aplikasi teknologi pertanian untuk terwuujudnya masyarakat yang sejahtera.

1.3. Tujuan dan Sasaran
Adapun tujuan strategis Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas untuk periode 2008-2012 adalah sebagai berikut:
a. Peningkatan Pemeratan, Perluasan dan Peningkatan kualitas serta relevansi pendidikan dengan perkembangan teknologi pertanian.
b. Peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
c. Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka menunjang peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
d. Mewujudkan organisasi dan sistem pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan menjunjung prinsip transparan dan akuntabel.
e. Mewujudkan kampus yang memiliki suasana yang kondusif untuk kegiatan akademik serta bermanfaat bagi masyarakat (a community-friendly campus and a campus-friendly community).

Sasaran
Dengan memperhatikan tujuan strategis dan kondisi eksisting Fakultas Teknologi Pertanian tahun 2008, maka untuk setiap tujuan ditetapkan sasaran yang akan dicapai dalam 5 tahun ke depan, antara lain :
Tujuan 1. Pemeratan, perluasan dan peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dengan perkembangan teknologi pertanian, dengan sasaran sebagai berikut :
1. Menambah 1 Program Studi baru yaitu Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) selambat-lambatnya pada tahun 2010.
2. Meningkatnya daya tampung fakultas dari 234 orang mahasiswa baru pada tahun 2008 menjadi 525 orang mahasiswa baru pada tahun 2013.
3. Meningkatnya variasi daerah asal mahasiswa sehingga yang berasal dari luar Propinsi Sumatera Barat mencapai 40 % dari total mahasiswa.
4. Meningkatnya kualitas input calon mahasiswa yang diterima dengan indikator antara lain peningkatan ranking hasil ujian masuk pada SNMPTN (passing grade).
5. Meningkatnya jumlah dosen yang berkualifikasi jenjang pendidikan S2 dan S3 mencapai 100% dari jumlah dosen yang dimiliki.
6. Semua program studi mendapatkan akreditasi A.
7. Sudah dilaksanakan Sistem Jaminan Mutu (Quality Assurance) pada tingkat fakultas, dan program studi.
8. Efektifitas penyelesaian studi meningkat dari rata-rata 4,8 tahun pada tahun 2007 menjadi 4,4 tahun pada tahun 2013.
9. Lebih kurang 40 % dari lulusan membutuhkan waktu kurang dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama kalinya.
10. Sumber dana pendidikan yang berbasis block grant dan kontrak kerja meningkat mencapai 5% dari seluruh anggaran Fakultas.



Tujuan 2. Peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi peningkatan nilai guna dan hasil guna sumberdaya wilayah masing-masing minimal 10 judul per program studi per tahun dengan dana yang berbasis kompetisi eksternal dan/atau kerjasama dengan pihak lain.
2. Hasil penelitian yang dipublikasikan secara nasional dan atau internasional minimal 2 topik setiap tahun per program studi.
3. Pada tahun 2013 minimal 2 hasil penelitian sudah memperoleh HAKI.
4. Dapat diimplementasikan hasil penelitian pada tataran praktis minimal 1 topik setiap tahun.

Tujuan 3. Memupuk dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga IPTEKS lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka menunjang peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terbentuknya Ikatan Alumni Fateta Unand dan berperan aktif sebagai pendukung hubungan yang efektif antara almamater dengan alumni serta pihak luar.
2. Terealisasinya kerjasama antara Fateta Unand dengan institusi lain dan dunia usaha yang mendukung Proses Belajar Mengajar di Fateta Unand.
3. Terealisasinya kerjasama yang mampu menjadi sumber finansial yang mencapai 5 % dari total anggaran Fateta Unand.
4. Terselenggaranya program pertukaran mahasiswa dan dosen dengan universitas lain di dalam dan luar negeri.

Tujuan 4. Mewujudkan organisasi dan sistem pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan menjunjung prinsip transparan dan akuntabel dengan sasaran sebagai berikut:
1. Terbentuk Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang mampu mengantisipasi perubahan lingkungan strategis.
2. Sudah diimplementasikan sistem berbasis IT (SMART campus) secara baik untuk Administrasi Akademik, Asset, Keuangan, dan Kepegawaian sehingga efektif dan efisien.
3. Sudah dimiliki dan diikuti Standing Operational Procedure (SOP) untuk setiap tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) pada setiap jenjang hirarki administratif.
4. Tata Organisasi dan Tata Kelola sudah terancang untuk mendukung perubahan status Universitas Andalas menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PT BHP).
5. Sudah diterapkan evaluasi berbasis kinerja terhadap dosen dan pegawai yang dijadikan dasar untuk rekrutmen dan promosi jabatan serta pemberian penghargaan dan hukuman (rewards and punishment).

Tujuan 5. Kampus yang memiliki suasana kondusif untuk kegiatan akademik serta bermanfaat bagi masyarakat (a community-friendly campus and a campus friendly community) dengan sasaran sebagai berikut:
1. Memiliki ruang kuliah, ruang laboratorium, sarana perkuliahan dan peralatan laboratorium yang mendekati kondisi ideal yang ditetapkan DIKTI untuk perguruan tinggi.
2. Ketersediaan kebutuhan air dan listrik sudah tidak mengganggu PBM.
3. Tercipta kondisi kampus yang aman, nyaman dan asri yang didasarkan kepada prinsip a community-friendly campus and a campus-friendly community”.

Tidak ada komentar: