Rabu, 17 Desember 2008

BAHAN RAKER 2008

BAB 4
RENCANA PROGRAM KERJA TAHUN 2009

1.1. Rencana Program dan Kegiatan
Disamping menjalankan program dan kegiatan rutin seperti proses beljar mengajar, adminsitrasi akademik dan kemahasiswaan pada tahun 2009 Fakultas Teknologi Pertanian akan melakukan beberapa Program pengembangan institusi, pengembangan mahasiswa dan pengembangan masyarakat yang dituangkan dalam Program dan kegiatan :
1. Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Fakultas
2. Pembukaan Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP)
3. Penyiapan ruangan kerja Dekan dan Sekretaris Dekan.
4. Menyiapkan ruangan kerja serta kelengkapan sarana prasarana administrasi fakultas.
5. Pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa dengan mendorong implikasi wirausaha di kalangan mahasiswa.
6. Melengkapi fasilitas laboratorium
7. Menjadikan Jurnal Teknologi Pertanian yang sudah ada semenjak tahun 2001 terakreditasi.
8. Membentuk Desa/Nagari Mitra
9. Menindaklanjuti kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri antara lain dengan :
a. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang sudah kita rintis melalui kerjasama seminar, rencana pelatihan coklat di Malaysia, mengirim alumni untuk menjadi assisten riset sekaligus menjadi mahasiswa pasacasarjana di UKM, serta akan dibicarakan beberapa rencana kerjasama pada tanggal 1 – 4 Desember 2008.
b. Universiti Sains Malaysia (USM), rencana kerjasama ini sudah mulai dibicarakan dengan Deputi Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian USM pada bulan Oktober 2008 yang lalu. Kerjasama yang hendak dibangun adalah dalam bingkai IMT-GT yang di dalamnya terdapat kerjasama dalam bidang pendidikan. Berkaitan dengan rencana kerjasama ini akan ada kegiatan bersama antara Perguruan Tinggi di Indoneisa (Unand, USU dan Unsyiah), USM di Malaysia dan salah satu perguruan tinggi di Thailand. Pembicaraan awal yang sudah dibicarakan adalah akan menunjuk Universitas Andalas sebagai tim leader dalam bidang Teknologi Pertanian dalam kerangka kerjsama ini (IMT-GT). Berkaitan dengan rencana kerjasama ini akan dilakukan kunjungan oleh sebanyak 15 orang dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unand ke UKM dan USM.
10. Melanjutkan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, semenjak beridirinya Fakultas Teknologi Pertanian Unand pada bulan Juni 2008 yang lalu, kerjasama yang sudah dilakukan dengan Pemerintah Daerah antara lain :
a. Dengan Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan dengan kegiatan Evaluasi Kinerja serta penysunan Rencana Penggilingan Padi Skala Kecil (Rice Milling Unit) di daerah ini pada bulan Juli 2008.
b. Dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan PKM Kabupaten padang Pariaman, dengan kegiatan melatih petani daerah ini melakukan penanganan pascapanen buah kakao (fermentasi dan sebagainya) serta teknologi pengolahan coklat skala industri rumah tangga dan industri kecil. Kegiatan tahap pertama sudah dilakukan pada bulan Agustus 2008 dan akan dilanjutkan pelatihan tahap 2 pada tanggal 18 - 22 Desember 2008.
c. Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Deptan, Asosiasi Kakao Indonesia dan Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Barat dalam rangka Seminar Nasional Teknologi Pertanian pada bulan Agustus 2008.
d. Kerjasama dengan Balai Riset Geomatika Bakosurtanal dalam rangka Seminar Nasional GeoCampus pada tanggal 20 Oktober 2008.
11. Kerjasama dengan dunia usaha. Selama ini kerjasama yang dilakukan dengan dunia usaha baru sebatas penempatan mahasiswa Praktek Kerja Lapang, kerjasama seminar seperti yang sudah dilakukan beberapa kali dengan Asosiasi kakao Indonesia. Untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan magang dosen, rencana riset bersama dan memberi pelatihan bagi mahasiswa.
12. Mendirikan Laboratorium Khusus Coklat
13. Menggerakan Teknoentrepreneur

1.2. Sasaran dan Target Kinerja
1. Jumlah peminat
Jumlah yang masuk Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian cendrung meningkat tiap tahun sebagai perbandingan tahun 2007 total yang masuk sebanyak 167 orang pada tahun 2008 meningkat menjadi 229 orang. Namun kami masih belum puas dengan peningkatan kualitas yang masuk. Untuk itu upaya yang akan dilakukan pada tahun 2009 adalah meningkatkan promosi, sehingga makin banyak peminat dan mempertahankan jumlah yang akan diterima, dengan demikian dapat meningkatkan passing grade yang diterima.
Disamping peminat untuk program reguler kami juga akan berupaya meningkatkan peminat Program reguler mandiri. Tahun 2008 yang masuk pada Program reguler mandiri ini adalah sebanyak 76 orang, pada tahun 2009 kami targetkan sebanyak 100 orang dengan kualitas yang lebih baik.
2. Lama Masa Studi Siswa
Sampai dengan akhir tahun 2007 rata-rata lama studi mahasiswa Teknologi Pertanian adalah 4 tahun 8 bulan dan pada akhir tahun 2009 kami targetkan menjadi 4 tahun 7 bulan.
3. Indek Prestasi Mahasiswa
Rata-rata IP mahasiswa Teknologi Pertanian pada Wisuda Periode II Agustus 2008 adalah 3,07. Pada akhir tahun 2009 rata-rata IP akan kami usahakan meningkat menjadi 3,06.
4. Prosentase Mahasiswa Dari Luar Sumatera Barat
Saat ini presentase mahasiswa Facultas Teknologi Pertanian yang berasal dari luar wilayah Sumatera barat hádala sebanyak 24 %, pada tahun 2009 melalui promosi akan kami usahakan naik menjadi 25 %.
5. Kualifikasi Dosen
Saat ini kualifikasi dosen pada Facultas Teknologi Pertanian hádala S1 sebanyak 16,7 %, S2 sebanyak 47,6 % dan S3 sebanyak 35,7 %. Pada tahun 2009 kami targetkan S1 sebanyak 14,6 %, S2 sebanyak 46,4 % dan S3 sebanyak 39 %.


1.3. Rencana Anggaran
Sebagaimana yang telah disepakati dengan manajemen Fakultas Pertanian, bahwa pengelolaan baik adminsitrasi maupun keuangan Fakultas Teknologi Pertanian mulai tahun 2009 akan diselenggarakan sepenuhnya oleh Manajemen Fakultas Teknologi Pertanian. Berkaitan dengan ini, maka penerimaan dan biaya Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun 2009 sudah dihitung tersendiri.
Mulai Seemester Ganjil tahun 2008 yang sejalan dengan awal berjalannya manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian disamping menerima mahasiswa Program reguler juga menerima mahasiswa dari Program Reguler Mandiri. Untuk itu sumber pendapatan Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari :
14. Penerimaan Dari mahasiswa Reguler
15. Penerimaan dari Mahasiswa Reguler mandiri dan
16. Vakasi yang merupakan alokasi dari Rektorat Universities Andalas.
Berkaitan dengan penerimaan dan biaya ini juga telah disepakati dengan Fakultas Pertanian bahwa alokasi dana untuk biaya Cleaning Service akan sepenuhnya dikelola oleh Fakultas Pertaanian. Dengan asumsi yang digunakan di atas, maka estimasi total penerimaan Fakultas Teknologi Pertanian pada tahun anggaran 2009 adalah sebesar Rp. 2.280.658.947,- (dua miliar dua ratus delapan puluh juta enam ratus lima puluh delapan ribu sembilan ratus empat puluh tujuah rupiah).
Berkaitan dengan program-program yang akan dilaksanakan Fakultas Teknologi Pertanian sepanjang tahun 2009, maka Fakultas Teknologi Pertanian akan membutuhkan pembiayaan lebih kurang sebesar Rp. 2.280.448.880,- (dua miliar dua ratus delapan puluh juta empat ratus empat puluh delapan ribu delapan ratus delapan puluh rupiah). Lebih rinci ekspektasi pendapatan dan pembiayaan dapat dilihat pada Lampiran 4.1.1, Lampiran 4.1.2 dan Lampiran 4.2