Rabu, 17 Desember 2008

BAHAN RAKER 2008

BAB 3
KEBIJAKAN UNGGULAN FAKULTAS TAHUN 2008

1.1. Pelaksanaan Program Unggulan Fakultas Tahun 2008
Fakultas Teknologi Pertanian belum merumuskan Program Unggulan untuk tahun 2008, karena manajemen fakultas masih fokus menjalankan amanat rektor pada pembentukan fakultas yaitu; Penyusunan Renstra, Pengalihan SDM dan asset, Pembentukan Organisasi Fakultas, Pembentukan Senat Fakultas dan Penyiapan Sarana dan Prasarana Fakultas. Pada dasarnya kesemua amanat tersebut telah dijalankan meski masih ada yang dalam proses penyelsaian.

1.2. Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar
Guna peningkatan mutu proses belajar mengajar, langkah awal pada tahun 2008 yang tengah kami lakukan adalah membentuk dan menfasilitasi tim Evaluasi dan Rekonstruksi Kurikulum. Tim ini kita harapkan telah dapat merumuskan kurikulum yang lebih baik untuk kedua Program Studi yang ada di Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan Program Studi Teknik Pertanian. Kami berharap kurikulum ini sudah dapat dijalankan pada tahun 2009.
Disamping tim Evaluasi dan Konstruksi Kurikulum kami juga telah membentuk dan menfasilitas tim BAPEM Fakultas dan Gugus Kenali Mutu pada kedua Program Studi, dimana pada tahun 2008 ini tim ini sudah memulai aktifitas dalam bentuk penyiapan modul dan spesifikasi Program Studi. Kami berharap tahun 2009 tim ini sudah dapat menjalankan fungsi Penjaminan Mutu dengan lebih baik.
Guna mendorong lebih efektifnya fungsi laboratorium dalam peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar, pada tahun 2008 ini kami juga telah menambah jenis laboratorium sesuai dengan perkembangan bidang keilmuan dan sumberdaya yang tersedia.

1.3. Pelaksanaan Kelas/Kuliah Berbahasa Inggeris
Sampai saat ini kuliah berbahasa Inggeris masih dalam wacana kami, namun masih belum terlaksana dengan alasan :
a.Belum ada kesepakatan pada masing-masing Program Studi mata kuliah apa yang akan diajarkan dengan menggunakan Bahasa Inggeris sebagai bahasa pengantarnya.
b. Belum munculnya keyakinan penuh, apakah jika dosen dianggap mampu menyampaikan kuliah dalam Bahasa Inggeris, apakah mahasiswa juga akan mampu menangkap substansi kuliah dengan baik.
Namun kami menyadari bahwa Program ini baik untuk dilaksanakan, untuk itu pada tahun 2009 kami akan mengusahakan sudah ada mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa inggeris.

1.4. Publikasi Ilmiah Nasional dan Internasional
Sampai saat ini belum banyak dosen yang punya keinginan untuk mempublikasikan karyanya pada Publikasi Ilmiah baik pada tingkat Nasional maupun Internasional. Bisa jadi kondisi ini disebabkan belum adanya ransangan yang cukup kuat untuk mau mempublikasikan karya tersebut. Namun kami selalu berupaya agar timbul keinginan untuk berpublikasi tersebut. Untuk itu guna merangsang keinginan tersebut kami tela mempunyai Jurnal Ilmiah dengan nama Jurnal Teknologi Pertanian Andalas.

Tidak ada komentar: